Belajar Konsep Rizki dari Penjual Rujak

Posted on January 2, 2015. Filed under: Bisnis, Inspirasi, Religi |

Belajar Konsep Rizki dri Penjual Rujak

 

HARI ini hujan mulai jam 9 pagi, seorang tukang rujak numpang berteduh di teras ruko.

Beliau saya pinjamkan tempat duduk dari dalam toko. Masih penuh gerobaknya dengan buah-buah tertata rapi.

Kulihat dari dalam toko beliau membuka buku kecil. Rupanya sebuah alquran. Beliau begitu tekun dengan Al-Qurannya.

Sampai jam setengah 11 hujan tak kunjung berhenti.

Saya mulai risau karena sepi pembeli.

Saya keluar sekadar memberikan air minum kemasan dan beberapa butir kurma.

Tidak ada sedikitpun raut gelisah terlihat di wajahnya.

 

“Kalau musim hujan jualannya repot juga ya, Pak… ” Kataku sambil menatap gerobaknya. “Masih banyak banget.”

 

Beliau tersenyum, “Iya bu.. Mudah-mudahan ada rejekinya.. .” jawabnya.

 

“Aamiin,” kataku.

 

“Kalau gak abis gimana, Pak?” tanyaku penuh iba…

 

“Ya.. Kalau gak abis ya risiko, Bu… Kalau yang gak bisa sampai besok kayak semangka, melon yang udah kebuka ya kasih ke tetangga juga seneng daripada kebuang. Kalau kayak bengkoang, jambu, mangga yang masih bagus bisa disimpan. Mudah-mudahan aja dapet nilai sedekah,” katanya tersenyum.

 

“Kalau hujan terus sampai sore gimana, Pak?” tanyaku lagi.

 

“Ya Alhamdulillah bu… Berarti rejeki saya hari ini diizinkan banyak berdoa dan meminta sesuatu sama Allah. Kan kalau hujan waktu mustajab buat berdoa bu…” Katanya sambil tersenyum. “Dikasih kesempatan berdoa juga kan rejeki, Bu…”

 

“Terus kalau gak dapet uang gimana, Pak?” tanyaku lagi.

 

“Berarti rejeki saya bersabar, Bu… Allah yang ngatur rejeki, Bu… Saya bergantung sama Allah.. Apa aja bentuk rejeki yang Allah kasih ya saya syukuri aja. Tapi Alhamdulillah, bertahun tahun saya jualan rujak belum pernah sampai kelaparan.

 

“Pernah gak dapat uang sama sekali, tau tau tetangga ngirimin makanan. Kita hidup cari apa Bu, yang penting bisa makan biar ada tenaga buat ibadah dan usaha,” katanya lagi sambil memasukan Alqurannya ke kotak di gerobak.

 

“Mumpung hujannya rintik, Bu… Saya bisa jalan .. Makasih yaa ,Bu…” katanya sambil menutup badannya dengan plastik dan membuka payung yang menempel di grobaknya.

 

Saya terpana… Betapa malunya saya, dipenuhi rasa gelisah ketika hujan datang, begitu khawatirnya rejeki materi tak didapat sampai mengabaikan nikmat yang ada di depan mata.

 

Tiba-tiba hati yang tadinya gundah menjadi ceria, mumpung masih hujan … Masih ada kesempatan dapat berdoa di waktu mustajab. []

 

(Sumber:www.islampos.com)


Read Full Post | Make a Comment ( None so far )

Recently on Fauzie Abdullah…

Kisah Inspiratif: Menjual Sehelai Pakaian Bekas

Posted on December 19, 2014. Filed under: Bisnis, Inspirasi | Tags: , , |

Forget Cool, Thing Useful.

Posted on January 3, 2008. Filed under: Bisnis, Website | Tags: , , , |

Haree genee jualan pake blogspot..

Posted on December 27, 2007. Filed under: Bisnis, Habbats, Website | Tags: , , , , , |

Selamat Hari Ibu..

Posted on December 22, 2007. Filed under: Keluarga, Religi | Tags: , , , |

Saya (jadi) Ingin Pergi Haji

Posted on December 18, 2007. Filed under: Haji, Keluarga, Perjalanan, Religi | Tags: , , , |

Depok-Bandung Jadi Lebih Nyaman dengan Jasa Travel (2)

Posted on December 13, 2007. Filed under: Depok, Perjalanan | Tags: , , , , |

Depok-Bandung Jadi Lebih Nyaman dengan Jasa Travel (1)

Posted on December 13, 2007. Filed under: Depok, Perjalanan | Tags: , , , |

Kampanye AIDS Harusnya Seperti Apa?

Posted on November 30, 2007. Filed under: Kesehatan | Tags: , , |

Tentang Nada Dering (Ringtone) Telepon Genggam

Posted on November 7, 2007. Filed under: Uncategorized |

  • Hubungi Saya



    Fauzie Abdullah
    T. 0817-121515
    E. fauzie@haninstore.com
    YM. fozzix
  • Subscribe Via RSS

    • Subscribe with Bloglines
    • Add your feed to Newsburst from CNET News.com
    • Subscribe in Google Reader
    • Add to My Yahoo!
    • Subscribe in NewsGator Online
    • The latest comments to all posts in RSS
    • Subscribe in Rojo

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...